x

SURYAPENA.COM

Rabu, 11 Januari 2017 - 13:17:32

POLHUKAM

Pilkada Kota Jayapura Harus Tetap Diikuti Dua Kandidat Paslon

Reporter: Hari Supriyanto | Dibaca: 510 | Suryapena.com
Foto : Istimewa [suryapena.com]
Jakarta, Suryapena.com -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah ditetapkan oleh KPUD setempat sebanyak dua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota. Kedua paslon tersebut adalah Benhur Tommy Mano-Rustan Saru (BTM-Harus) dan Boy Markus Dawir-Nur Alam (BMD-Alam). Meskipun KPUD sudah menetapkan dua paslon, namun salah satu kandidat merasakan keberatan dengan dukungan yang diberikan oleh pasangan BMD-Alam dengan alasan dukungan tersebut cacat hukum.

Menanggapi hal tersebut, BMD melalui Kuasa Hukumnya, Albert Bolang mengatakan pasangan calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Jayapura hingga saat ini masih dua pasang. Putusan Mahkamah Agung (MA) akan dijadikan dasar Komisi KPU Jayapura untuk pleno dan menetapkan pasangan calon sebelum 15 Januari.

"Jika KPU Jayapura memaksakan calon tunggal justru akan menjadi masalah, sebab persyaratan calon tunggal saat ini masih bermasalah," katanya di Jakarta, Rabu (11/01/2017).

Sementara itu, Penjabat Kota Jayapura, Daniel Pahabol mengatakan, peserta calon Wali Kota Pilkada Kota Jayapura periode 2017-2022 tetap dua calon."Kami menganggap kandidat pilkada di Kota Jayapura masih dua calon. Karena kami belum melihat secara jelas dasar hukum satu calon kandidat. Sebelum kami terima dasar hukumnya hitam di atas putih di hadapan kami. Sekali lagi calon pilkada tetap dua," ujar Daniel.

Bila hanya diikuti satu colon, kata Daniel, maka dirinya menilai pilkada di Kota Jayapura tidak sehat."Bagaimana mau main bola kaki, kalau lawannya saja satunya tidak ada. Itu tidak seimbang," katanya.

Namun Daniel berpesan kepada masyarakat di Kota Jayapura, agar tetap tenang dan tidak terhasut oleh masing-masing kandidat selama proses pilkada berlangsung."Pemerintah Kota Jayapura siap mengantar dua kandidat ke depan pintu pencoblosan pilkada 2017. Di sana masyarakat yang menentukan," ujarnya.